Serupa tapi Tak Sama: Es Krim dan Gelato Ternyata Beda!

Serupa tapi Tak Sama: Es Krim dan Gelato Ternyata Beda!

Cuaca hari ini panas lagi, ya, Foodspoters? Kalau lagi begini, memang paling enak nongkrong bersama teman-teman di kafe yang teduh dan menikmati kudapan manis seperti es krim dan gelato. Ngomongin soal dua hidangan ini, kamu udah tahu belum kalau es krim dan gelato itu beda! Ya, meskipun mereka terlihat serupa. Kalau belum tahu, tenang aja, itu wajar, kok! Banyak banget orang lain yang juga belum tahu. Oleh karena itu, kali ini foodspot merangkum perbedaan keduanya. Yuk, disimak!

Tekstur Es Krim Lebih Cair dari Gelato

Via – HuffPost Canada

Es krim teksturnya cenderung lebih cair daripada gelato karena kandungan udara yang terikat dalam proses pengadukannya. Perbedaan jumlah udara yang terikat dalam proses pengadukan ini lah yang membuat gelato memiliki tekstur yang lebih padat.

Rasa Gelato Cenderung Lebih Mild 

Via – Reader’s Digest

Kalau es krim biasanya punya rasa yang khas dan strong saat kita menyicipinya, gelato justru sebaliknya. Rasa yang muncul di lidah saat kita makan gelato biasanya lebih subtle dan soft. Hal tersebut disebabkan karena gelato hanya membutuhkan suhu minus 10 derajat celcius untuk mendinginkannya, sedangkan es krim butuh sampai minus 20 derajat.

Kandungan Lemak dalam Gelato Lebih Rendah 

Via – Suara.com

Gelato hanya memiliki sekitar 3,5 persen kadar butterfat di dalam kanudngannya, berbeda dengan es krim yang kadar butterfat-nya mencapai 10%. Jika kamu sedang diet, ada baiknya memilih gelato daripada es krim karena kandungan lemaknya yang lebih sedikit.

Bahan Pembuatan Gelato Lebih Beragam

Via – Espresso Italia

Gelato dan es krim sejatinya punya bahan utama yang sama yaitu susu. Yang membuat keduanya berbeda adalah campurannya. Gelato biasa dibuat dari susu dicampur dengan gula, air, kuning telur, dan kacang-kacangan. Namun tidak sedikit juga yang mendapat bahan lain seperti campuran gandum. Sedangkan untuk es krim biasanya bahannya tidak jauh dari susu, cream, gula, air, dan kuning telur saja.

Es Krim Lebih Tahan Lama

Via – Epicurious

Karena es krim diproses dengan suhu yang lebih dingin dari gelato, es krim punya daya tahan yang lebih lama daripada gelato. Pengaturan suhu saat memproses bahan keduanya adalah faktor yang sangat berpengaruh terhadap ketahanan es krim dan gelato.

Sekarang foodspoters sudah tahu kan kalau ternyata es krim dan gelato itu memang serupa tapi tak sama. Jadi mana yang jadi favoritmu, es krim atau gelato?

Leave a Reply

Back To Top