Selain Makanan Pedas dan Asam, 3 Makanan ini Bisa Bikin Maag Kambuh, Lho!

Selain Makanan Pedas dan Asam, 3 Makanan ini Bisa Bikin Maag Kambuh, Lho!

Penderita maag pasti tahu jika makanan pedas dan asam wajib dihindari saat makan. Pasalnya, hidangan pedas dan asam ini dapat memicu kambuhnya maag. Nah, saat maag kambuh, semua hal jadi terasa tidak nyaman. Mual membayang, perut terasa perih, lambung terasa nyeri, dan ulu hati pun terasa sakit.

Bicara soal makanan pedas dan asam, tahukah kamu bahwa ada makanan lain yang juga memicu kambuhnya maag, lho! Tiga makanan ini mudah banget kamu temui dalam menu sehari-hari dan sering nggak disadari bahayanya. Yuk, cek dulu dan pastikan kamu tahu makanan apa saja berikut alasannya!

1. Gorengan

Via – Taste of Home

Selama ini gorengan sering kali dianggap “penyelamat”, entah sebagai menu sarapan, menu pengganjal, atau menu pendamping. Rasanya yang gurih dengan tekstur yang krispi bikin semua orang nggak pernah bisa menolaknya. Namun, tahukah kamu jika gorengan bisa jadi “musuh” bagi maag-mu, lho. Gorengan dapat menaikkan asam lambung alias bikin maag kambuh, lho! Kenapa, ya? Soalnya, gorengan memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi. Dalam beberapa kasus, gorengan bahkan dapat menyebabkan heartburn.

2. Daging Merah

Via – Table Spoon

Daging merah yang lezat bisa jadi petaka bagi penderita maag. Lemak yang terdapat dalam daging merah adalah penyebabnya. Nggak hanya itu, tingginya protein dalam daging merah membuat tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk mencernannya. Saat proses pencernaan yang lama ini, tubuh akan melepaskan banyak asam untuk membantu mempercepat pencernaannya. Untuk mencegahnya, pastikan kamu telah memotong dagingnya dengan potongan yang sangat kecil dan kunyahlah hingga halus. Hal ini bertujuan agar tubuhmu lebih mudah mencernannya.

3. Makanan Manis

Via – Good Free Photos

Selalu tergoda mencicipi makanan manis setiap kali habis makan? Jika iya, kamu perlu menghentikan kebiasaan ini, Foodspoters! Pasalnya, makanan manis dengan kandungan gula yang tinggi justru bahaya untuk penderita maag. Kandungan gula yang tinggi bisa menyebabkan lambung mengalami luka dan iritasi. Makanan manis nggak cuma cake, lho. Kue kering, roti, cokelat, bahkan minuman manis juga harus coba dihindari. Sekalipun kamu mengonsumsinya, pastikan jumlahnya tidak berlebihan, ya!

Nah, itu dia tiga makanan yang sebaiknya kamu hindari, ya, Foodspoters. Ingat, bukan berarti nggak boleh makan sama sekali, ya! Namun, ingatkan dirimu untuk makan secukupnya saja. Lebih baik mengurangi dan mencegah maag-mu kambuh daripada merasakan ngilunya, kan? Lagipula, masih banyak makanan enak lainnya yang bisa kamu konsumsi tanpa worry! 

Leave a Reply

Back To Top